RadarURL

Jumat, 02 Agustus 2013

Cara Menghapus Virus Win32 Virut.Gen


virus
Hai, sobat dumay kali ini gue mau ngasih tau apa sih W32/Virut.Gen itu? Mau tau? Apa mau tau banget? Haha bercanda, oke kita sudahi basa - basinya.Apa itu W32/Virut.Gen?
Menurut website AVG, W32/Virut.Gen adalah parasit penginfeksi file yang berekstensi .EXE, bertindak seperti IRC bot, berkomunikasi lewat port TCP 65520, lalu membuka channel #virtu di alamat server IRC proxim.ircgalaxy.pl
Virus ini mempunyai nama - nama lain (alias) sebagai berikut:
Win32/Virut.D (AhnLab-V3), W32/Virut.E (AntiVir), Win32.Virtob.2.Gen (BitDefender), W32.Virut.ci (ClamAV), Win32.Virut.5 (DrWeb), W32/Virut.E (Fortinet), Virus.Win32.Virut.e (F-Secure), Virus.Win32.Virut.d (Ikarus), Virus.Win32.Virut.e (Kaspersky), W32/Virut (McAfee), Virus:Win32/Virut.D (Microsoft), Win32/Virut (NOD32v2), W32/Virutas.G (Panda), W32/Vetor-A (Sophos), W32.Virut.B (Symantec), Win32.Virut.Gen (VirusBuster), Win32.Virut.E (Webwasher-Gateway)
Bagaimana Cara Kerjanya?
Langkah pertamanya adalah menginfeksi proses winlogon.exe. Mengapa? Karena firewall tidak akan mengenali virus ini. Kemudian, virus ini akan menginfeksi file - file di Harddisk lokal ataupun jaringan. Virus ini tidak tergantung pada penggunaan file - file di harddisk.
File yang terinfeksi mempunyai ukuran file lebih besar sekitar 9kb, dan tidak akan menyimpan timestamp (waktu dibuat, waktu diubah) aslinya. Timestamp akan berubah ke waktu saat virus menginfeksinya.
Virus ini aktif ketika komputer dinyalakan dengan cara menyertakan nama file di folder sistem yang telah terinfeksi kedalam entri dari registry:
HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
Virus ini tidak menggunakan teknik rootkit atau stealth, virus ini juga membuat file yang tidak mempunyai fungsi yang juga mengandung virus.
Bagaimana Cara Membersihkan Harddisk dari Virus ini?
1. Download W32/Virut.Gen Removal dari AVG disini. Lalu restart komputer & masuk ke Safe Mode. Setelah masuk ke safe mode, jalankan program W32/Virut.Gen Removal yang sudah didownload, tidak perlu melakukan installasi, program ini bersifat portable. Proses Scanning & Cleaning akan memakan waktu, karena program ini memindai semua file yang ada pada harddisk komputer kita. Setelah selesai, restart dan boot windows seperti biasa, setelah itu cek lagi dengan melakukan scanning menggunakan antivirus untuk memastikan apakah virus ini sudah hilang atau belum.
23. Nonaktifkan fitur System Restore, karena jika virus ini sudah menginfeksi System Restore, meskipun sudah kita bersihkan dari harddisk komputer kita, virus ini dapat kembali.
Mungkin hanya segitu yang bisa gue share, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar